SALINAN

ANGGARAN DASAR

LEMBAGA PENYIARAN KOMUNITAS RADIO SUARA KRETEK

TOBAYAN, TIRTOSARI, KRETEK, BANTUL, D. I. YOGYAKARTA

NAMA DAN TEMPAT KEDUDUKAN

Pasal 1

Perkumpulan ini bernama Lembaga Penyiaran Komunitas Radio Suara Kretek.

Pasal 2

Perkumpulan ini bertempat di Dusun Tobayan, Desa Tirtosari, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daeran Istimewa Yogyakarta.

Pasal 3

Perkumpulan ini didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya, terhitung mulai tanggal 1 April 2009

ASAS

Pasal 4

Perkumpulan ini berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

MAKSUD DAN TUJUAN

Pasal 5

Maksud didirikannya perkumpulan ini adalah untuk melakukan kegiatan dalam bidang penyiaran radio komunitas.

Pasal 6

Tujuan didirikannya perkumpulan ini adalah:

  1. Untuk mengembangkan dan menambah semangat berbudaya dalam diri masyarakat;

  2. Untuk meningkatkan pemberdayaan seluruh potensi yang ada sehingga akan mampu mendorong percepatan perubahan ke arah yang lebih maju;

  3. Untuk membantu kegiatan masyarakat dalam berbagai sektor seperti kegiatan bidang ekonomi, sosial, budaya, informasi, dan lain-lain;

  4. Untuk pembelajaran bagi masyarakat dalam kehidupan bernegara, berdemokrasi dan bermasyarakat sehingga tatanan kehidupan, kemajuan pola pikir serta dinamika kehidupan akan tertanam dengan lebih mapan dalam diri masyarakat.

KEGIATAN

Pasal 7

Untuk mencapai maksud dan tujuan, perkumpulan ini (akan) melakukan berbagai kegiatan :

  1. Operasional siaran rutin khusus bagi komunitas dalam radius tertentu dan atau menurut ketentuan hukum yang berlaku.

  2. Kegiatan penunjang dan atau pendukung operasional siaran khusus bagi komunitas menurut ketentuan hukum yang berlaku.

  3. Kegiatan-kegiatan lain yang serupa yang menunjang tercapainya maksud dan tujuan perkumpulan ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

KEANGGOTAAN

Pasal 8

  1. Keanggotaan perkumpulan ini adalah Warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita yang berdomisili di daerah Desa Tirtosari dan sekitarnya sampai dengan radius jangkauan penyiaran Radio Komunitas yang diperbolehkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

  2. Tiap anggota berhak untuk :

  • Memilih dan dipilih menjadi pengurus perkumpulan;

  • Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh perkumpulan; dan,

  • Hak suara dalam Musyawarah Komunitas.

  1. Tiap anggota berkewajiban untuk :

  • Menjunjung tinggi nama baik perkumpulan dan memahami, menaati serta tunduk pada Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan ketentuan-ketentuan perkumpulan;

  • Turut menyumbangkan harta, tenaga dan pikiran (keahlian) nya apabila perkumpulan memerlukannya.

  1. Keanggotaan berakhir karena :

  • Atas permintaan sendiri,

  • Meninggal dunia, atau

  • Berdasarkan keputusan Musyawarah Komunitas.

MUSYAWARAH KOMUNITAS

Pasal 9

  1. Musyawarah Komunitas mempunyai kekuasaan tertinggi dalam perkumpulan diadakan oleh Dewan Penyiaran Komunitas.

  2. Jenis Musyawarah Komunitas adalah berupa Musyawarah Tahunan Komunitas, Musyawarah Anggota Dewan Penyiaran Komunitas, dan Musyawarah Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas.

Pasal 10

  1. Musyawarah Tahunan Komunitas diadakan setiap tahun antara Bulan Mei sampai dengan Bulan Juni dengan acara :

  • Laporan Tahunan Dewan Penyiaran Komunitas, terutama mengenai pertanggungjawaban dalam hal keuangan dan jalannya kegiatan perkumpulan serta hal-hal lainnya yang di anggap penting.

  • Pemilihan anggota-anggota Dewan Penyiaran Komunitas untuk masa bakti berikutnya;

  • Pertanggungjawaban Dewan Penyiaran Komunitas dan Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas; dan,

  • Hal-hal lain yang di anggap perlu.

  1. Musyawarah Anggota Dewan Penyiaran komunitas diadakan dalam waktu-waktu tertentu sesuai dengan ketentuan Dewan Penyiaran Komunitas atau dalam waktu-waktu yang dipandang perlu menyelenggarakan Musyawarah Anggota Dewan Komunitas.

  1. Musyawarah Anggota Badan Penyiaran komunitas diadakan dalam waktu-waktu tertentu sesuai dengan ketentuan Dewan Penyiaran Komunitas atau dalam waktu-waktu yang dipandang perlu menyelenggarakan Musyawarah Anggota Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas.

  2. Selain musyawarah sebagaimana di maksud ayat 92) Pasal 9, Dewan Penyiaran Komunitas berhak (berwenang) untuk mengadakan Musyawarah Komunitas pada suatu waktu apabila dianggap perlu.

TATA CARA MUSYAWARAH KOMUNITAS

Pasal 11

  1. Dewan penyiaran Komunitas menyampaikan pemberitahuan secara tertulis sekurang-kurangnya 5 (lima) hari sebelum Musyawarah komunitas itu dilangsungkan atau diumumkan di warta harian yang terbit di tempat kedudukan perkumpulan dan/atau di papan pengumuman pada tempat yang disepakati oleh perkumpulan;

  2. Pada saat pemberitahuan dan/atau pengumuman tentang suatu musyawarah komunitas, harus disebutkan hal-hal :

  • Hari dan tanggal musyawarah;

  • Waktu pelaksanaan musyawarah;

  • Tempat pelaksanaan musyawarah; dan,

  • Acara musyawarah.

  1. Semua anggota yang hadir mempunyai hak suara dan dapat mengajukan usul dan saran untuk dipertimbangkan oleh musyawarah;

  2. Musyawarah Komunitas dipimpin oleh Ketua Dewan Penyiaran Komunitas;

  3. Apabila Ketua Dewan Penyiaran Komunitas tidak hadir, atau berhalangan sementara, para anggota Dewan Penyiaran Komunitas dengan musyawarah untuk mufakat memilih salah satu anggota menjadi pimpinan musyawarah untuk memimpin musyawarah.

Pasal 12

  1. Musyawarah Komunitas sah apabila sekurang-kurangnya 50 % (lima puluh per seratus) ditambah satu dari seluruh anggota musyawarah yang di undang;

  2. Keputusan musyawarah sedapat-dapatnya ditetapkan dengan musyawarah untuk mufakat;

  3. Apabila anggota musyawarah mengusulkan pengambilan keputusan dilakukan dengan pemungutan suara dan disetujui oleh sekurang-kurangnya 50 % (lima puluh per seratus) ditambah satu dari jumlah anggota musyawarah yang hadir, maka keputusan musyawarah sah apabila keputusan itu di ambil dengan jumlah terbanyak dari suara yang dikeluarkan;

  4. Dalam setiap pengambilan keputusan masing-masing anggota hanya berhak mengeluarkan satu suara.

Pasal 13

  1. Jika dalam musyawarah itu jumlah anggota yang hadir tidak memenuhi quorum yang ditetapkan ayat (1) Pasal 12, maka dapat diadakan musyawarah untuk kedua kalinya secepat-cepatnya 7 (tujuh) hari setelah Musyawarah Komunitas yang pertama dengan ketentuan bahwa dalam musyawarah yang kedua ini tanpa memandang jumlah anggota yang hadir.

  2. Dalam hal Musyawarah Komunitas yang kedua sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini, berlaku ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 11 dan Pasal 12 ayat (2), ayat (3), dan ayat (4).

SUSUNAN PERKUMPULAN PENYIARAN KOMUNITAS

Pasal 14

Susunan Kepengurusan Perkumpulan terdiri dari :

  1. Dewan Penyiaran Komunitas (DPK), sekurang-kurangnya terdiri dari ketua merangkap anggota dan anggota lainnya;

  2. Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas (BPPK), yang sekurang-kurangnya terdiri atas Ketua, Sekretaris, Bendahara, Penanggungjawab Siaran, Penanggungjawab Teknis, Penanggungjawab Bagian Umum dan Penanggungjawab Produksi serta seorang atau lebih pejabat lainnya apabila Musyawarah Komunitas dan Dewan Penyiaran Komunitas menganggap perlu yang dipilih dari anggota perkumpulan.

DEWAN PENYIARAN KOMUNITAS

Pasal 15

  1. Dewan Penyiaran Komunitas diangkat dan diberhentikan oleh Musyawarah komunitas;

  2. Pengangkatan tersebut adalah untuk masa jabatan 2 (dua) tahun lamanya;

  3. Anggota Dewan Penyiaran Komunitas yang telah berakhir jabatannya, dapat dipilih kembali untuk masa jabatan berikutnya;

  4. Apabila terjadi kekosongan dalam keanggotaan Dewan Penyiaran Komunitas yang oleh Dewan penyiaran Komunitas dipandang perlu segera diisi dan tidak dapat ditangguhnya sampai diadakannya musyawarah sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini, maka Dewan Penyiaran Komunitas berhak dan berwenang mengisi kekosongan tersebut dan disahkan oleh Musyawarah Komunitas berikutnya.

Pasal 16

Dewan Penyiaran Komunitas berakhir karena :

  1. Atas permintaan sendiri;

  2. Meninggal dunia; dan,

  3. Diberhentikan oleh Musyawarah Komunitas karena dipandang tidak dapat memenuhi ketentuan dan aturan perkumpulan komunitas.

BADAN PELAKSANA PENYIARAN KOMUNITAS (BPPK)

Pasal 17

  1. Anggota Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Penyiaran Komunitas;

  2. Pengangkatan dan/atau pemberhentian Anggota Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas dilaksanakan melalui Musyawarah Anggota Dewan Penyiaran Komunitas;

  3. Masa jabatan anggota Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas adalah untuk masa jabatan 2 (dua) tahun;

  4. Anggota Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas yang telah berakhir masa jabatannya dapat dipilih kembali untuk masa jabatan berikutnya;

  1. Apabila terjadi kekosongan dalam keanggotaan Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas yang oleh Dewan penyiaran Komunitas dipandang perlu segera diisi dan tidak dapat ditangguhnya sampai diadakannya musyawarah sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini, maka Dewan Penyiaran Komunitas berhak dan berwenang mengisi kekosongan tersebut dan disahkan oleh Musyawarah Anggota Dewan Penyiaran Komunitas.

Pasal 18

Anggota Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas berakhir karena :

  1. Atas permintaan sendiri;

  2. Meninggal dunia; dan,

  3. Diberhentikan oleh Musyawarah Komunitas karena dipandang tidak dapat memenuhi ketentuan dan aturan perkumpulan komunitas.

PELIMPAHAN TANGGUNG JAWAB

PERKUMPULAN PENYIARAN KOMUNITAS

Pasal 19

  1. Dewan Penyiaran Komunitas dan Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas mewakili perkumpulan ini di dalam dan di luar pengadilan/hukum.

  2. Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas dalam suatu urusan dengan pihak luar dapat diwakili oleh Pihak Kedua tanpa atau disertai dengan Sekretaris dan atau Bendahara atau pejabat lain yang bertanggung jawab terhadap perkumpulan komunitas;

  3. Anggota Dewan Penyiaran Komunitas dan Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas berkewajiban untuk menjunjung tinggi dan menjalankan tugas dan kewajibannya menurut Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Keputusan Musyawarah Komunitas;

  4. Anggota Dewan Penyiaran Komunitas bertanggung jawab atas seluruh jalannya organisasi perkumpulan kepada Musyawarah Komunitas.

KEUANGAN

Pasal 20

  1. Keuangan Perkumpulan Komunitas diperoleh dari iuran anggota, bantuan masyarakat, hibah dan atau penerimaan lainnya yang sah/tidak bertentangan dengan peraturan hukum dan tidak bertentangan dengan ketentuan Komunitas;

  2. Besarnya iuran anggota ditentukan dalam Anggaran Rumah Tangga atau dalam peraturan lain dari Dewan Penyiaran Komunitas.

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR

Pasal 21

  1. Perubahan anggaran dasar dilaksanakan oleh musyawarah komunitas yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 (dua pertiga) dari jumlah anggota dan keputusan itu hanya sah apabila disetujui sekurang-kurangnya 2/3 (dua pertiga) bagian dari jumlah anggota yang hadir.

  2. Jika dalam musyawarah itu jumlah anggota yang hadir tidak memenuhi quorum yang ditetapkan ayat (1) Pasal 12, maka dapat diadakan musyawarah untuk kedua kalinya secepat-cepatnya 7 (tujuh) hari setelah Musyawarah Komunitas yang pertama dengan ketentuan bahwa dalam musyawarah yang kedua ini tanpa memandang jumlah anggota yang hadir.

  3. Dalam hal Musyawarah Komunitas yang kedua sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini, berlaku ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur ketentuan mengenai Musyawarah Komunitas.

PEMBUBARAN

Pasal 22

  1. Perkumpulan ini dapat dibubarkan atas usul Dewan Penyiaran Komunitas bersama Badan Pelaksana penyiaran Komunitas atas usul secara tertulis yang disertai alasan-alasannya dari sekurang-kurangnya 1/2 (satu per dua) dari jumlah anggota perkumpulan;

  2. Keputusan tentang pembubaran perkumpulan hanya dapat diambil secara sah oleh musyawarah komunitas yang diadakan untuk keperluan itu dan dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 (dua pertiga) bagian dari jumlah anggota perkumpulan;

  3. Keputusan tentang pembubaran perkumpulan sedapat-dapatnya diambil dengan cara/menurut hikmah kebijaksanaan musyawarah untuk mufakat.

  1. Apabila anggota musyawarah mengusulkan pengambilan keputusan dilakukan dengan pemungutan suara dan disetujui oleh sekurang-kurangnya 50 % (lima puluh per seratus) ditambah satu dari jumlah anggota musyawarah yang hadir, maka keputusan musyawarah sah apabila keputusan itu di ambil dengan jumlah terbanyak dari suara yang dikeluarkan;

  2. Jika dalam musyawarah itu jumlah anggota yang hadir tidak memenuhi quorum yang ditetapkan ayat (1) Pasal 12, maka dapat diadakan musyawarah untuk kedua kalinya secepat-cepatnya 7 (tujuh) hari setelah Musyawarah Komunitas yang pertama dengan ketentuan bahwa dalam musyawarah yang kedua ini tanpa memandang jumlah anggota yang hadir.

  3. Dalam hal Musyawarah Komunitas yang kedua sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini, berlaku ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur ketentuan mengenai Musyawarah Komunitas.

Pasal 23

Apabila perkumpulan dibubarkan, maka Dewan Penyiaran Komunitas berkewajiban untuk melakukan likuiditas, kecuali apabila Musyawarah komunitas memutuskan ketentuan lain.

ANGGARAN RUMAH TANGGA

Pasal 24

  1. Anggaran Rumah tangga ditetapkan dan diubah oleh Musyawarah Komunitas;

  2. Anggaran rumah Tangga memuat ketentuan-ketentuan yang menurut Anggaran Dasar harus diatur dalam Anggaran Rumah Tangga dan ketentuan-ketentuan mengenai hal-hal lain yang dianggap perlu oleh Musyawarah Komunitas;

  3. Anggaran Rumah Tangga dan Ketentuan-ketentuan lain dari Dewan Penyiaran Komunitas tidak boleh memuat ketentuan-ketentuan yang bertentangan dengan Anggaran Dasar ini.

KETENTUAN PENUTUP

Pasal 25

  1. Hal-hal lain yang tidak diatur atau belum cukup diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga;

  2. Menyimpang dari ketentuan mengenai susunan dan pengangkatan Dewan Penyiaran Komunitas sebagaimana diatur Pasal 15 Anggaran Dasar ini, untuk pertama kalinya diangkat;

Ketua merangkap Anggota dan Penanggungjawab: ADI SUSANTA

Anggota: 1. SUYATMAN

2. SUKINO

3. KUSMARYADI

4. SUCI HANTORO

5. DIDIK ISWANTO

6. ARIS NURTANTA

7. SUGIYONO

8. HARYADI SLAMET

9. SUMBER WIDODO

10. SURANTRIYANA

11. SUWALDIYONO

  1. Anggaran Dasar ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan akan dibetulkan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan.

Ditetapkan di : Bantul

Pada tanggal : 2 Maret 2009

Ketua

(merangkap Anggota)

ttd

ADI SUSANTA

Anggota,

    ttd                    ttd                               ttd                                ttd

SUYATMAN              SUKINO                 KUSMARYADI                SUCI HANTORO


ttd                                       ttd                                  ttd                                   ttd

DIDIK ISWANTO        ARIS NURTANTO         SUGIYONO         HARYADI SLAMET

     ttd                                 ttd                                  ttd

SUMBER WIDODO           SURANTRIYANA             SUWALDIYONO